Kapal Landing Craft Tank    300 GT di Subulussalam DIY Banda Aceh

Kapal Landing Craft Tank 300 GT di Subulussalam DIY Banda Aceh

Kapal LCT Landing Craft Tank 300 GT di Indonesia, untuk daerah perairan baik laut dan juga sungai.

Kapal Landing Craft Tank 300 GT di Indonesia-Jenis kapal ini mempunyai lambung dasar yang rata karena penggunaannya untuk membawa bermacam-macam komoditi seperti, hasil meneral, kebutuhan untuk pembangunan di area yang sukar dilewati via rute darat dan lebih efisien lewat jalur laut atau sungai ( Truk, Buldozer, Crane, Pasir,Tiang Pancang,Besi Bja, Semen, Batu Bara dsb )

kapal Landing Craft Tank
Kapal Landing Craft Tank 300 GT

LCT merupakan singkatan dari LandingCraft Tank yang artinya Kapal Pendarat Tank, dalam sejarahnya macam kapal ini digunakan pasukan Sekutu pada Perang Dunia II untuk bertempur di Eropa ,dengan LCT LandingCraft Tank mereka bisa mendaratkan kekuatan mereka pada rute di pantai atau sungai sebagai cara menempuh wilayah musuh untuk bertempur dan menghimpun kekuatan perang.

Winston Churchil, Perdana Menteri Inggris pd waktu itu,meng instruksikan pembuatan kapal yang bisa memuat Tank dalam total lebih banyak dan melanjutkan pada usaha tindakkan bersama pasukan sekutu untuk memproduksi kapal jenis ini, LCT LandingCraft Tank .

Pada bulan November 1940, tercipta lah LCT, LandingCraft Tank pertama oleh Hawthorn Leslie untuk mengirim Tank pada Perang Dunia ke 2, dan mempunyai beberapa type bentuk .

Ada dua tipe yang dibuat Amerika Serikat, Mark V dan Mark VI. .Kapal pengirim tank tipe Mk V hanya memiliki pintu pendarat di bagian haluan kapal, sementara tipe Mk VI memiliki pintu pendarat di haluan dan buritan kapal. Ukuran jenis kapal ini jauh lebih kecil dari LandingShip  Tank (atau LST), jenis kapal pendarat tank serbu yang mampu mengangkut dan meluncurkan Kapal pendarat tank.

Kapal pendarat tank tidak berlapis baja dan hanya mempunyai persenjataan ringan. Kapal-kapal ini tidak diberikan nama, hanya nomor lambung. Mereka banyak diberikan kepada Angkatan Laut Inggris dan sebagian kecil ke Uni Soviet.

Kapal pendarat tank sedang dimasukkan ke kapal pendaratan tank oleh derek tongkang.
Selain dipakai untuk memuat tank, serdadu atau logistik, Kapal pendarat tank juga adalah kapal dengan bentuk dasar yang pas untuk disesuaikan dengan keperluan tugas-tugas militer dalam invasi ke Normandia pada bulan Juni 1944.

Untuk memberikan perlindungan serangan udara bagi konvoi dan selama serangan, beberapa Kapal pendarat tank diubah menjadi unit anti-serangan udara terapung. Kapal pendarat tank-Kapal pendarat tank ini dari konversi Kapal pendarat tank(4) kemudian dikenal sebagai LCF (LandingCraft Flak). Beberapa Kapal pendarat tank lainnya dilengkapi dengan meriam atau roket (kemudian dikenal sebagai Kapal pendarat tank (Rocket)) atau diubah menjadi bengkel terapung atau penyapu ranjau.

Ada 26 Kapal pendarat tank yang dilapisi baja, sehingga mereka disebut sebagai Kapal pendarat tank (A): LandingCraft Tank (Armored). Jenis Kapal pendarat tank terakhir ini memiliki kemampuan mengangkut tank lebih sedikit (3 unit) daripada jenis aslinya (4 unit).

LCT202 U.S. Navy.
Kapal pendarat tank (Inggris: LandingCraft Tank (LCT)) adalah sebuah jenis kapal pendarat serang untuk mendaratkan tank di tepi-tepi pantai.

Kapal ini mulai nampak pada saat Perang Dunia 2 dan dipakai oleh Angkatan Laut Inggris dan Amerika Serikat pada saat itu. AL Amerika Serikat kemudian menggunakannya untuk tujuan-tujuan lainnya selama Perang Korea dan Perang Vietnam.

Selama Perang Dunia II, kapal-kapal ini biasanya dikenal dengan singkatan namanya,LCT LandingCraft Tank  Kapal pendarat tank.

Kapal LCT adalah sebuah jenis kapal laut yang pada mulanya dimodifikasi untuk kebutuhan militer,setelah mengalami kekalahan besar di Dunkirk, pasukan sekutu menyadari bahwa tidak ada jalan lain untuk memenangkan perang selain mendaratkan mesin-mesin perang mereka di Eropa daratan.

Winston Churchill, Perdana Menteri Inggris waktu itu menginstrukksi kan untuk membuat suatu jenis kapal yang mampu mengangkut dan mendaratkan beberapa tank sekaligus di pantai-pantai Eropa.

Dari situ lahirlah LandingCraft Tank yang disebut Kapal LCT.

Pada Jaman Sekarang, Kapal LCT LandingCraft Tank dipergunakan untuk pembawa,alat-alat berat dan bahan-bahan konstruksi.

Dengan LCT, alat-alat dan bahan-bahan itu dapat dibawa hingga ke daerah terpelosok yang sulit dilalui kapal pengangkut biasa.

Kapal jenis ini memiliki dek yang lapang dan rata sehingga cocok untuk mengangkut tank, prajurit atau bahan logistic.

Dalam perkembangannya, dek kapal ini juga bisa dilengkapi senjata anti serangan udara, meriam dan juga peluncur roket. Beberapa kapal ini juga digunakan sebagai penyapu ranjau.

Kapal LCT LandingCraft Tank banyak digunakan untuk tujuan komersial karena kapal ini sangat irit untuk pengangkutan heavy cargo, bulldozer, excavator, dump truck, loader dan alat berat lainnya yang sangat dibutuhkan buat pekerjaan hasil mineral dan proyek {konstruksi|pembangunan .

Selain itu bahan-bahan konstruksi berukuran besar seperti pipa besi, lembaran baja, tanki air dan sebagainya juga {dapatbisa} diangkut dengan LandingCraft Tank , LCT.

Menggunakan kapal LCT untuk memuat barang ke daerah-daerah pertambangan,terutama yang terletak di pulau atau daerah terpencil; lebih irit daripada menggunakan kapal tongkang.

Hal ini disebabkan karena LCT tidak membutuhkan pelabuhan yang besar untuk mengirim barang yang diangkutnya dan bisa melakukan bongkar muat hampir di mana saja.

kapal Landing Craft Tank
Kapal Landing Craft Tank 500 GT

Kapasita LCT  Landing Craft Tank, ada beberapa kategori, mempunyai daya angkut yg berbeda,jadi bukan hanya satu jenis LCT, tapi ada beberapa jenis,

LCT 300 GT,
LCT 400 GT
LCT 500 GT
LCT 700 GT
LCT 1000 GT
LCT 1200 GT

dst

LCT Landing Craft Tank bisa juga di dibuat sesuai tujuan nya, seperti untuk memuat minyak,sehingga membuat jenis kapal ini lebih optimal dan pas jika buat membawa cairan dalam jumlah lebih banyak sebab sudah dilengkapi dengan tangki badan kapal yang sudah dipersiapkan mengangkut jenis cairan seperti minyak, air minum, bahan bakar, dll

Jenis LCT Landing Craft Tank yang lebih besar juga bisa mengangkut kendaraan bis,truk,dan aneka kendaraan darat dalam jumlah yang lebih besar seperti Ferry antar pulau bahkan di perairan yang dangkal airnya, dan sangat hemat dalam kinerjanya, karena bisa mencapai daerah yang dituju lebih terpencil.

LCT Landing Craft Tank tidak membutuhkan pelabuhan khusus, karena jenis kapal ini bisa mendarat dan bongkar muat tanpa syarat seperti kapal besar pada umumnya, bahkan di perairan yang dangkal sekalipun, inilah yang membuatnya kelebihan LCT dengan kapal lainnya.

LCT Landing Craft Tank pada jaman sekarang, banyak digunakan untuk kebutuhan dagang, karena sangat cocok manfaat dan kemampuan nya untuk perairan di Indonesia yang terdiri dari pulau pulau yang terbentang dari Sabang hingga Marauke, sehingga keberadaannya sangat dibutuhkan untuk mobilitas angkutan air baik laut maupun sungai.

LCT Landing Craft Tank yang pada jaman dulu digunakan untuk perang, yaitu untuk mengirim Tank dan personilnya diwilayah musuh, tetapi saat ini masih digunakan untuk tujuan komersil, lebih dialihkan untuk keperluan sebagai kapal untuk membawa segala macam barang dalam ukuran yang besar dan berat semisal untuk konstruksi pembangunan di wilayah yang harus memakai jalur laut atau sungai , semua disesuaikan kearah pengangkutan barang komersil.

Dan LCT Landing Craft Tank juga mendapat sebutan Kapal Komersil yang efisien di perairan yang cetek tanpa membutuhkan dermaga khusus untuk bongkar muat, dan ini menjadikannya sangat mudah beradaptasi dengan situasi perairan di Indonesia, dimana terbatasnya pelabuhan kapal yang berstandar seperti pelabuhan kapal Internasional.

Semoga informasi mengenai LCT Landing Craft Tank ini bermanfaat ..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *